Search This Blog

Wednesday, July 13, 2011

Menahan Godaan "SALE"


Sale? Hwee…siapa yang seneng? Apalagi kalau  yang lagi on sale adalah barang-barang yang benar-benar kita cari atau kita suka. Kalau isi dompet masih tebal sih mungkin tidak jadi masalah, tapi bagaimana jika  ternyata lagi tipis berat? dan gajian masih jauh? 
So, kalau emang gak pengen dompet beneran jadi kosong trus gak bisa ngapa2in, berikut tipsnya:


1. Buat daftar belanja
Dengan membuat catatan belanja maka Anda bisa tahu barang-barang apa sebenarnya yang Anda butuhkan sehingga tidak jadi lirik sana sini. Tapi tentunya kedisiplinan dan kepatuhan pada catatan belanja yang telah dibuat harus diterapkan. Jangan kemudian Anda melupakannya hanya gara-gara tergoda diskon baju yang Anda suka.


2. Selektif itu perlu!
Jika Anda terjebak dalam banjir diskon maka sifat selektif sangat diperlukan. Anda harus cermat  memilih barang-barang yang  benar-benar dibutuhkan dan diinginkan. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitasnya. Bikin peringkat barang-barang yang terbagus, termurah dan paling Anda butuhkan. Lalu, mulailah membeli.


3. Tinggalkan kartu kredit di rumah
Dengan membawa-bawa kartu kredit ke pusat perbelanjaan, maka hasrat untuk berbelanja akan mudah timbul dan timbul lagi. Nah, kalau memang sedang tidak dibutuhkan sekali, lebih baik tingalkan saja kartu kredit Anda di rumah.
4. Bawa uang secukupnya
Kalau tidak mau boros, lebih baik bawa uang saja secukupnya. Sebab jika Anda punya uang lebih,  bukan tidak mungkin godaan akan lebih kuat lagi.


Sumber : http://www.conectique.com

No comments:

Post a Comment